Wednesday, 5. November 2014 - 19:01 Uhr

Cara dan teknik memasarkan produk usaha

Strategi Memajukan usaha kita  

         

Skema pemasaran diambil dari http://arifdhaniirwanto.blogspot.com/

Selamat malam, pada kempatan meluangkan waktu santai setelah menjalankan rutinitas kerja, kembali penulis ingin menulis kembali yang menjadi kegemarannya dan mudah-mudahan bermanfaat bagi khalayak pengunjung website Tokokusenkayu.com sebagai pencerahan dalam mengembangkan usaha yang sedang di rintis. Tapi kira-apa tema yang tepat dan enak agar nyambung dengan artikel yang penulis sudah tulis sebelumnya. Tips memulai usaha sudah, cara menghitung titik impas sudah, bahkan hingga tiga artikel sekali gus. Lalu apa lagi yang enak kita bahas dalam tulisan kali ini agar tetap dalam kilasan usaha.

 

Eeh bagai mana kalau pemasaran saja, agar menjadi lebih berurutan. Maksudnya begini, kalau kita sudah punya usaha, kemudian juga kita sudah bisa menentukan target melalui perhitungan titik impas, langsung deh kita pasarin barang dagangan kita, bukan begitu kira-kira Broo?. Bagai mana caranya? Entar dulu kenapa, nagak sabar amat sih.

 

Sebelum sampai pada pembahasan pemasaran, penulis mau tanya dulu, apa perbedaan pemasaran dengan marketing? .......... Kayaknya sama ya. Betul! menurut penulis kayaknya sama, tapi menurut penulis juga sebenarnya berbeda. Bedanya di mana? Samanya adalah sama-sama proses, tapi bedanya marketing prosesnya lebih luas. Kira-kira yang bagai mana tuh?

 

Menurut penulis, pemasaran adalah suatu proses memperkenalkan dan mempengaruhi calon pelanggan terhadap produk yang kita jual dengan harapan terjadinya suatu transaksi. Jadi lebih dekat dengan mempengaruhi calon pembeli. Sedangkan marketing adalah keseluruhan proses dari awal hingga akhir suatu kegiatan usaha. Misalnya produk suatu usaha yang bergerak di bidang makanan. Bagaiman proses pembuatanya, rasanya, sehingga pembeli suka dan mengulangi pembeliannya. Begitu pula bagai mana cara memasarkannya sehingga terjadi transaksi, yang pada akhirnya bagaimana cara pendistribusiannya. Jadi marketing lebih dekat dengan proses bagaimana memuaskan pelanggan sehingga terjadi teransaksi berulang-ulang. Jadi dengan kata lain pula pemasaran adalah bagian dari suatu proses marketing. Namun kesempatan kali ini penulis membatasi hanya pada pemasaran saja, dimana marketing akan penulis bahas pada kesempatan lain.

 

Seperi yang sudah penulis sampaikan pada artikel sebelumnya, setelah kita sudah berani mengambil keputusan untuk membangun usaha sendiri langkah selanjutnta adalah menentukan titik impas. Untuk apa? Titik impas kita buat untuk menentukan target minimal penjualan yang harus dicapai agar tidak terjadi kegagalan dalam menjalankan usaha. Lalu bagai mana aflikasinya agar ttarget pemasaran dapan di capai? banyak langkah-langkah disini. Namun penulis hanya menyampaikan langkahlangkah yang sifatnya praktis saja.

 

Menurut pengalaman penulis dalam merealisasikan target jual (yang sampai saat ini masih penulis geluti), dalam memperkenalkan dan mempengaruhi calon pelanggan agar mau membeli produk yang kita tawarkan ada beberapa trik-trik pemasaran yang sering penulis pakai agar dapat menarik pelanggan dengan sebanyak-banyaknya, antara lain:

 

1. Tentukan pangsa pasar, segmen pasar dan tingkat kebutuhan serta yang paling penting cara pembayarannya. Sebagai contoh dalam melakukan derect selling Lem seperti pembahasan sebelumnya. Lem tersebut sebagai pangsa pasarnya adalah hampir semua kegiatan industri dan pertukangan baik besar maupun kecil. Bagi kita selaku UKM yang baru berjalan sebaiknya kita bidik segmen pasar usaha di bidang pertukangan usaha kecil saja yang menjamur disetiap pinggir jalan. Yang paling nyata membutuhkn lem tetes disini sebagai contohnya adalah industi kusen kayu yang tingkat kebutuhannya relatif besar setiap bulan dan pembayaranya yang langsung cash. 

 

2. Dengan derect selling. Bagi penulis dengan terus-menerus menawarkan langsung produk industi kusen kayu ke banguunan yang sedang/baru (memang ini salah satu segmen pasarnya) saja dimulai. Derect selling di sini Termasuk dengan maksimalkan pelanggan yang sudah kita miliki sebelumnya (ingat Tips memulai usaha). 


3. Menyebar brousur sebanyak-banyaknya. Pengalaman penulis meyebar brousur dengan menargetkan 2,5% dari 10,000 brousur yang di sebar tepat di depan pintu rumah warga pada setiap perumahan. Karen penulis yakin bahwa suatu saat 2,5% target terhadap brosur akan tercapai.

 

4. Beriklan iklan di media cetak seperti koran, majalah, buletin komunitas penduduk tertentu dan dengan beriklan di media internet yang tentunya lebih mudah dan lebih murah di bandingkan di media elektorik.

 

5. Jika ingin mencari tempat/toko carilah tempat yang strategis. Bagi usaha pemula penulis menyarankan sebaiknya tetap melakukan pemasar dierect selling. Karena dari pada menggunakan uang untuk membayar kios yang mahal lebih baik uangnya di gunakan untuk tambahan modal saja. Karena dengan derect selling segmen pasar yang kita tuju sudah sangat jelas.

 

7. Kuasai produk, jangan menunjukan keraguan dan tampilah dengan penuh meyakinkan

 

 

6. Dan yang tak kalah pentingnya jika kita sudah sukses dalam menjalankan trik-trik di atas adalah berikan pelayanan pelangan dengan sebaik-baiknya. Ingat istilah pelanggan "adalah raja". Artinya pelanggan harus dilanyani dengan sebaik-baiknya. Setelah "raja" sudah merasa puas pada pelayanan kita, maka jarak antara "raja" dengan kita akan semakin dekat. Yang akhirnya "raja" akan menjadi teman kita. Enak kan punya teman raja

 

Demikianlah samapi disini bahasan pemasaran, mudah-mudahan pembaca tidak puas dengan arikel ini dan terus mencari referensi pemasaran sebanyak-banyaknya. Jika begitu ada harapan bagi penulis supaya cara dan trik pemasaran pada artikel ini ada yang mau menambahkan. Terima kasih.


Tags: cara menjual produk cara memasarkan produk Cara memgiklankan produk cara memperkenalkan produk teknik memasarkan produk usaha 

8517 Views

Publish comment



Send comment...

Arsip Blog

Rumah di jual  murah
BURSA RUMAH DI JUAL
December 2017
Mo
Di
Mi
Do
Fr
Sa
So
 
 
 
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
 
 
 
 
 
 
 

Total pengunjung Web.


Total Pengunjung hari ini

Area Iklan Utama

Tinggalkan pesan di:

Name:

Email:

Homepage:

Message:

Entries