Sunday, 2. November 2014 - 00:40 Uhr

Cara dan Tips memulai usaha bagi anak muda, putus sekolah

 

Gambar diambil dari Toumy's Blog

Assala mu'alaikum, selamat pagi semua. Kali ini pengelola websit Pasar Iklan UKM dan Toko Kusen Kayu ingin berbagi cerita tentang pengalaman pribadi memulai usaha. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi anak muda yang sedang mecari jalan untuk melanjutkan ke jalaan hidup yang lebih baik karena tidak memiliki modal atau pengalaman apalagi untuk mikirin kuliah, yang pusing lebih dahulu dari pada jalanin kuliahnya. Jalan hidup yang lebih baik? Serem bener! Iya kata ini penulis buat agar pembaca jadi lebih penasaran. Ye Ileh somse beneeeer. Iya la yaau.

 

Tetapi tidak berarti pula orang yang sudah bekerja atau orang kuliahan tidak boleh. Boleh, tapikan mereka-mereka sudah punya kerjaan atau masa depan yang kuliah kemungkinan sudah lebih pasti lebih baik. Tetapi kalau ada orang kuliahan yang baca tulisan saya ini, saya semakin senang. Kan saya bisa berharap ada penambahan tips jika tips yang saya tulis ini masih perlu banyak perbaikan. Karena saya yakin tulisan saya ini masih banyak kekurangan.

 

Tapi mengapa pula tulisan ini diperioritaskan untuk anak muda yang putus sekolah atau bukan orang kuliahan. Biasanya mereka seolah-olah kalau buka usaha sudah takut dan tidak percaya diri karena alasan ngak punya modal dan berpikir "usaha apa dan modalnya dari mana?". Ya iyalah kalau punya modal di sudah pasti memilih jadi anak kuliahan, dan kalau sudah punya usaha tulisan ini ngak bakal menarik buat dia. Betul ngak?

 

Langsung aja ya? Tetapi ngaka apa kan ya, kalau sana sini tulisan saya perlu banyak perbaikan karena banyak kekurangan? Mudah-mudahan ada pembaca yang mau meambahkan serta melengkapi tips ini agar lebih lengkap. To the poin aja deh, kayaknya saya terlalu banyak muter muter. Ini tips cara memulai usaha yang pernah penulis alami.

 

Tapi percaya ngak jika biasanya apabila orang untuk memiulai usaha yang dipertanyakan terlebih dahulu adalah "modalnya dari mana?", Tapi Percaya ngak kalau kita punya modal yang dipikirkan berikutnya adalah tetap "Gue mau usaha apa ya?" Akhirnya ngak jadi-jadi juga kan mulai usaha. "Jadi apa tipsnya DONG? Muter-muter mulu". Mau pengen tahu atau mau tahu banget? Kalau saya diminta pendapat pasti saya jawab pikirin "usaha apa dahulu". Kok usaha dahulu?  Kalau kita tentukan usaha dulu kan kita akan terus mencari produk yang tepat bagi usaha kita seperti: mudah dipasarkan, diminati banyak orang/khlayak, dan tidak tergantung modal yaitu dengan cara:

 

  1. Tekad kuat untuk memulai usaha dengan mencari produk yang mudah dikenal, banyak diperlukan banyak orang/kalangan sehingga kita bisa menentukan pangsa dan segmen pasarnya. caranya?
  2. Terjun langsung mejadi tenaga penjual produk tersebut disuatu perusahan yang punyai produk tersebut. Mengapa? Selain mendapat gaji/komisi untuk kita tabung dalam rangka mengumpulkan modal, kita juga akan langsung mengenal sifat dan karakter produk tersebut, kita akan lebih mengenal pangsa dan segmen pasarnya dan langsung kita sudah memiliki pelanggan. Jalan kan untuk beberapa waktu lamanya misal 1 sapai 3 tahun. Anggap saja kita sedang kuliah/magang. Tapi dapet duitkan? Kalau segmen pasarnya sulit cari lagi produk yang lain yang menurut Anda kebih mudah.
  3. Jika gagal coba lagi. Teguh dan jangan cepat menyerah. Karena kalau cepat menyerah kita tidak akan menemui produk yang mudah dikenal, banyak diperlukan orang/kalangan sehingga kita tidak bisa menentukan pangsa dan segmen pasarnya. Hanya sia-sia belaka. Ibarat kita tukang batu kita menyerah menghancurkan batu ketika batu itu sudak retak.
  4. Foto cofy dan jadikan form administrasi pemasaran yang dikeluarkan perusahaan tempat kita kerja sebagai arsip pribadi untuk kita siapkan sebagai bahan acuan jika kita sudah bisa mengambil keputusan untuk membentuk usaha sendiri.
  5. Buat data base pelanggan dan jadikan pelanggan setia dan loyal kita tersebut sebagai modal penjualan awal jika kita sudah berani mengambil keputusan untuk membangun usaha sendiri.
  6. Jika sudah mantap dan sudah memiliki pelanggan loyal banyak ambil keputusan untuk membangun kerajaan sendiri. 
Jadi terbuktikan? Bahwa modal bukanlah hal pertama yang harus kita persiapkan. Tetapi tekat dan keyakinan untuk majulah yang utama sebagai modal awal. Jika sudah ketemu jalan seperti ini persiapkanlah diri Anda untuk menjadi BOS/RAJA karena langkah selanjutnya adalah kita sudah mulai memikirkan KERAJAAN/TOKO yang harus diisi dengan perajurit yang siap tempur untuk bersama-sama membangun kerajaan kita.
 
 
Demikianlah cara & tips memulai usaha, semoga ini bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan pada tulisan ini & bagi yang berkenan apalagi ingin share untuk menambahkan tips tersebut, penulis persilakan dan sangat berterima kasih. 

Tags: Usaha untuk pemula Usaha untuk pemuda putus sekolah Usaha untuk anak muda Cara memulai usaha 

5828 Views

Publish comment



Send comment...

Arsip Blog

Rumah di jual  murah
BURSA RUMAH DI JUAL
December 2017
Mo
Di
Mi
Do
Fr
Sa
So
 
 
 
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
 
 
 
 
 
 
 

Total pengunjung Web.


Total Pengunjung hari ini

Area Iklan Utama

Tinggalkan pesan di:

Name:

Email:

Homepage:

Message:

Entries